5 Tips Mudah Dalam Menghadapi Kebiasaan Buruk Pasangan

Punya pasangan yang memiliki banyak kebiasaan buruk memang menjengkelkan. Tapi meskipun begitu, bukan berarti hal-hal buruk tersebut tidak bisa dirubah lho. Asal anda tahu cara yang tepat untuk menghadapinya, hati pasangan anda pasti akan tergerak untuk berubah menjadi lebih baik.

Berikut 5 tips mudah dalam menghadapi kebiasaan buruk pasangan yang bisa anda coba

  • Jadilah sahabat yang baik bagi pasangan anda

jadi sahabat untuk pasangan

Meskipun saat ini status anda adalah sebagai seorang pacar, namun anda bisa kok merangkap menjadi pendengar dan sahabat yang baik. Ingat selalu bahwa tak ada orang yang sempurna di dunia ini, sehingga anda pun akan lebih memahami persoalan serta kekurangan yang dimiliki oleh pasangan.

Dengan mendengarkan segala keluh kesahnya, anda punya kesempatan untuk memberikan suntikan semangat pada pasangan agar bisa berubah menjadi lebih baik. Selain itu, mengajak pasangan berkunjung ke tempat-tempat yang bisa menjauhkan dia dari kebiasaan buruknya juga bukan ide yang buruk.

Bagaimana jika dia selalu mengulangi kesalahan?

  • Bila demikian carilah waktu dan momen yang tepat untuk menegurnya

Hal lain yang perlu anda pahami untuk menghadapi kebiasaan buruk pasangan adalah dengan tidak menghakiminya di saat-saat yang tidak tepat. Alih-alih ingin membuat pasangan berubah, malah menjadikan dia lebih marah dan hubungan kalian akan semakin bertambah buruk.

Oleh karena itu, anda tentunya harus mencari waktu dan momen yang tepat untuk mendiskusikan hal-hal buruk yang sering dia lakukan. Contohnya saja ketika mood pasangan sedang bagus.

Lalu hal apa lagi yang perlu diperhatikan?

  • Jaga emosi dan jangan marah-marah tak jelas

jaga emosi

Bila anda selalu saja marah-marah tak jelas dan meluapkan emosi di tempat umum dengan mengumbar segala keburukan pasangan. Hal tersebut tentu akan melukai perasaannya. Maka dari itu, akan lebih baik jika anda bersikap dewasa dan mencari waktu yang tepat untuk diskusi bersama dan menyelesaikan masalah dengan kepala dingin.

  • Cari tahu juga penyebab kebiasaan buruknya

Hal lain yang bisa anda lakukan untuk menghadapi kebiasaan buruk pasangan adalah dengan mencari tahu penyebab kenapa dia selalu melakukan kebiasaan buruk tersebut.

Misalnya saja jika hal-hal buruk yang selalu diulang bersifat psikis seperti marah-marah tak jelas, membentak, bersikap acuh-tak acuh, dan lain sebagainya. Bisa jadi pasangan anda saat ini sedang mempunyai problem yang cukup berat.

Namun bila kebiasaan buruknya merupakan sesuatu yang dulu sempat disembunyikan dan sekarang baru ia tunjukkan, semisal merokok, kecanduan judi bola online, minum-minuman beralkohol, atau yang paling parah memakai narkoba, maka anda harus membawa pasangan anda ke pusat rehabilitasi.

  • Pakailah perbandingan

Bila kebiasaan buruk yang dilakukan oleh pasangan sudah kelewat menjengkelkan, maka alternatif lain untuk menghentikannya adalah dengan menggunakan perbandingan.

Contohnya saja, jika anda tak suka melihat pasangan terus-terusan merokok, maka anda bisa mengatakan kepadanya bahwa anda akan berhenti shopping asalkan dia juga mau menghentikan kebiasaan buruknya untuk merokok. Meskipun hal ini terdengar sedikit ekstrim lantaran anda juga harus berkorban, namun kenapa tidak? Toh ini untuk kebaikan bersama.

  • Beri hadiah atau kejutan

beri kejutan

Walaupun cara yang satu ini agar kekanak-kanakan, but trust me, it works! Apalagi tak bisa dipungkiri setiap orang pasti sangat senang bila diberi hadiah maupun kejutan. Entah hal tersebut berbentuk materi atau kata-kata manis.

Misalkan saja, bila pasangan anda susah melepaskan kebiasaan leletnya, maka coba katakan kepadanya bahwa anda akan memberikan hadiah yang pasangan suka, asalkan dia mau berubah.

Share this post:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •